10 Desember 2012

Descriptive Text



Hari ini kita akan mempelajari tentang Deskriptive Text. Apa itu Descriptive Text? untuk lebih jelasnya silahkan lihat postingan saya berikut ini
O….iya nggak cuman dilihat aja looo jangan lupa dipelajari dan dimengerti   n'  kalau bisa diamalkan juga yaa…! :)Boleh ke temen, sahabat, ibu, bapak, kakak, adik, tetangga, paman,nenek, bibi, emmh.........kakek juga boleh#hhh. Terserah deh mau di share ke siapa aja. Yaudah nggak banyak ngomong lagi  “ selamat belajar”

A.Pengertian Descriptive Text
A.Definision of Descriptive Text
Descriptive Text adalah sebuah teks bahasa Inggris yang menggambarkan tentang suatu benda, tempat  atau makhluk hidup.Baik secara bentuk, sifat-sifat, warna, dan lain-lain.

B.Fungsi  Umum
B.Social Function = To describe a particular person, place or thing.
Descriptive Text berfungsi untuk menggambarkan sesuatu yang khusus. Seperti: Orang kesayangan, hewan peliharaan, tempat faforit dll.
Tujuan Komunikatif dari Descriptive Text adalah untuk menggambarkan dan mengungkapkan ciri-ciri dari suatu benda, tempat, atau mahluk tertentu secara terperinci, sehingga orang yang mendengar atau membaca gambaran yang kita berikan dapat mengetahui dan bisa membayangkan seperti apa itu.

C. Ciri-ciri Descriptive Text
C.Significant teatures:
Berikut ini akan dijelaskan secara rinci tentang ciri-ciri descriptive text:
~ Menggambarkan sesuatu yang khusus.
Misalnya kucing saya, artis faforit saya, candi borobudur, Ibuku dan lain-lain.
~ Menggunakan Present Tense
Misalnya: go, eat, fly, walk, etc. 
~Menggunakan berbagai macam Adjectives (kata sifat) yang bersifat Describing (mengambarkan),  Numbering (Menomerkan), dan Classifying (mengklasifikasikan). Misalnya: two strong legs, sharp white fangs, etc. 
~ Menggunakan Relating Verbs untuk memberikan informasi tentang subjek.
Misalnya: my boyfriend is realy cool, it has soft fur, etc. 
~ Menggunakan Thinking Verbs (kata kerja berfikir, seperti belive, think, etc.) dan Feeling Verbs (kata kerja perasa, seperti feel) untuk mengungkapkan pandangan pribadi penulis tentang subjek.
Misalnya: police believe the suspect is armed, I think it is a clever animal, etc. 
~Menggunakan Adverbs (kata keterangan) untuk memberikan informasi tambahan mengenai perilaku atau sifat (Adjective) yang dijelaskan.
Misalnya: it is extremely high, it runs definitely past, etc.

D.Generic Structure
D.Struktur Umum
Di setiap Descriptive Text memiliki suatu kerangka atau struktur yang menjadi ciri dari Descriptive Text itu sendiri. Generic Structure dari Descriptive Text dibagi menjadi 2 bagian yaitu :
1. Identification
Identification adalah bagian dari Descriptive Text yang berisi tentang topik yang akan digambarkan atau dideskripsikan. Bisa untuk memperkenalkan benda,  hewan, tumbuhan, atau seseorang yang akan dideskripsikan.
 2. Description
Description adalah bagian terakhir dari Descriptive Text yang berisi tentang pembahasan atau penggambaran tentang topik yang ada di Identification mengenai kenampakan fisik, kualitas, kebiasaan, ciri-ciri khusus, perilaku umum maupun sifat-sifatnya.
E.Contoh Descriptive Text


Borobudur temple


Borobudur is Hindu-Budhist temple.It was build in ninth century under Sailendra dynasty of ancient Mataram kingdom.Borobudur is located in Magelang, Central Java, Indonesia.

Borobudur is well-known all over the world. Borobudur temple is a very huge Buddist temple. Its construction is influenced by the Gupta architecture of India. The temple is constructed on a hill 46 m high and consists of eight steps like stone terrace. The first five terrace are square and surrounded by walls adorned with Buddhist sculpture in bas-relief. The upper three are circular. Each of them is with a circle of bell shape-stupa. The entire edifice is crowned by a large stupa at the centre at the centre of the top circle. The way to the summit extends through some 4.8 km of passage and stairways. The design of Borobudur which symbolizes the structure of universe influences temples at Angkor, Cambodia.
I think Borobudur temple is a remarkable heritage where the place is very interesting beside that, Borobudur temple is a valuable treasure for Indonesian people.

Nah itu dia postingan saya tentang DescriptiveText. Semoga bermanfaat dan memberi kesan yang baik bagi seluruh pembaca. Amin.

Source:




:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  
Comments
1 Comments

1 komentar:

Allahu Akbar

 
;