20 Maret 2013

Penjelasan Recount Text beserta Contoh | Recount Text

Pada kesempatan kali ini Meksy BeBest akan membahas mengenai Recount Text. Mungkin banyak teman-teman yang masih bingung apa sih perbedaan  antara Recount Text dengan Narrative Text. Memang keduanya merupakan jenis teks Narration (lihat: Jenis Teks Bahasa Inggris) yang merupakan jenis teks yang menceritakan cerita masa lalu. Untuk tahu lebih jauh mengenaiRecount Text, di bawah ini penulis hadirkan penjelasan lengkap mengenaiRecount Tex. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

A. Pengertian Recount Text
Recount Text adalah salah satu dari jenis teks bahasa Inggris yang menceritakan kembali kejadian-kejadian atau pengalaman-pengalaman di masa lampau. Tujuan dari Recount Textadalah untuk memberikan informasi atau untuk menghibur pembaca. Di dalam Recount Text tidak terdapat komplikasi (Complication) seperti halnya di Narrative Text.

B. Tujuan Komunikatif Teks Recount 
Tujuan komunikatif Recount Text seperti penjelasan di atas adalah untuk melaporkan peristiwa, kejadian atau kegiatan dengan tujuan memberitakan atau menghibur tentunya tanpa ada konflik di dalam cerita tersebut.
 
C. Generic structure Teks Recount
 
1. Orientation
Orientation atau pengenalan yaitu memberikan informasi tentang siapa, di mana, dan kapan peristiwa atau kegiatan itu terjadi di masa lampau.
 
2. Events
Events merupakan rekaman peristiwa yang terjadi, yang biasanya disampaikan dalam urutan kronologis, seperti
"In the first day, I ... And in the next day .. And In the last day ..." Di bagian Events ini juga biasanya terdapat komentar pribadi tentang peristiwa atau kejadian yang diceritakan.
 
3. Reorientation
Pada bagian Reorientation, terdapat pengulangan pengenalan yang ada di Orientation, pengulangan yang merangkum rentetan peristiwa, kejadian atau kegiatan yang diceritakan.
 
D. Ciri Kebahasaan Recount Text

Terdapat beberapa ciri-ciri kebahasaan yang mungkin akan teman-teman temukan ketika membaca sebuah Recount Text. Ciri-ciri kebahasaan dari Recount Text tersebut adalah:
  • Menggunakan Past Tense. Misalkan we went to zoo, I was happy, etc.
  • Menggunakan Conjunction dan Time Connectives untuk mengurutkan peristiwa atau kejadian. Misalnya and, but, the, aftar that, etc.
  • Menggunakan Adverbs dan Adverbial Phrase untuk mengungkapkan tempat, waktu dan cara. Misalkan yesterday, at my house, slowly, etc.
  • Menggunakan Action Verbs. Misalkan went, slept, run, brought, etc

Contohnya silahkan depeleh :D  :


By. Eva Bebest
Incoming Search Terms :
RECOUNT TEXT
Arti Recount Text
Generic Structure Recount Text
Contoh Text Recount



:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Allahu Akbar

 
;