21 Maret 2013

11 Sunnah Nabi Sebelum Shalat Jum'at beserta Hadistnya


Shalat Jumat
Tentu dalam ibadah kita ingin memperoleh pahala yang lebih, salah satunya dengan melaksanakan sunnah sunnahnya. Nah kali ini Meksy BeBest akan memposting artikel tentang 11 Sunnah Nabi Sebelum Shalat Jumat. Silahkan dibaca artikelnya semoga bermanfaat, khususnya untuk kaum Adam yang beragama muslim biasanya yang baca artikel ginian adalah kaum muslim yang peduli akhirat jadi nggak asal-asalan sholat buat syarat aja. Saya suka...saya suka J

1. Mandi
Rasulullah saw bersabda "Mandi pada hari jumat adalah kewajiban bagi setiap orang yang pernah bermimpi (baligh)" (Mutafaq Alaih)

2. Mengenakan pakaian bersih dan menggunakan parfum
" Setiap orang muslim wajib mandi pada hari Jumat, mengenakan pakaian terbaik yang dimilikinya, dan jika ia mempunyai parfum maka ia menggunakannya" (HR Ahmad)
Sebagian orang berpendapat bahwa pakaian yang terbaik adalah pakaian yang berwarna putih. Mereka menggunakan dalil di bawah ini sebagai dasar mengapa mereka berpendapat untuk mengenakan pakaian berwarna putih:

"Kenakanlah pakaian-pakaian putih, karena pakaian putih adalah sebaik-baik pakaian kalian. Dan kafanilah dengan kain putih orang yang mati dari kalian" (Hadis shahih diriwayatkan oleh Abu Dawud no 3878, At Tirmidzi no 994, An Nasa;i VIII/205, Ibnu Majah no 1472 dan Ahmad I/247)

3. Membersihkan gigi dengan siwak atau semacamnya
Berdasarkan hardits Abu Said yang diriwayatkan secara marfu': "Mandi hari Jumat adalah wajib atas setiap orang yang telah mimpi (baligh). Dan hendaknya ia membersihkan gigi dan memakai minyak wangi jika mendapatkan...."
4. Memotong kuku dan kumis sebelum shalat Jumat
"Rasulullah saw memotong kuku dan menggunting kumisnya pada hari Jumat sebelum beliau pergi shalat" (HR Baihaqi dan Thabrani).
5.Bersegera Untuk Berangkat ke Masjid
Anas bin Malik berkata, “Kami berpagi-pagi menuju sholat Jumat dan tidur siang setelah sholat Jumat.” (HR. Bukhari).
Al Hafidz Ibnu Hajar berkata, “Makna hadits ini yaitu para sahabat memulai sholat Jumat pada awal waktu sebelum mereka tidur siang, berbeda dengan kebiasaan mereka pada sholat zuhur ketika panas, sesungguhnya para sahabat tidur terlebih dahulu, kemudian sholat ketika matahari telah rendah panasnya.”(Lihat Fathul Bari II/388)

6.Sholat Sunnah Ketika Menunggu Imam atau Khatib
Abu Huroiroh radhiallahu ‘anhu menuturkan bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Barang siapa mandi kemudian datang untuk sholat Jumat, lalu ia sholat semampunya dan dia diam mendengarkan khotbah hingga selesai, kemudian sholat bersama imam maka akan diampuni dosanya mulai jum’at ini sampai jum’at berikutnya ditambah tiga hari.” (HR. Muslim)

7.Memperbanyak Sholawat Nabi dan Doa
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah sholawat kepadaku di dalamnya, karena sholawat kalian akan ditunjukkan kepadaku, para sahabat berkata: ‘Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?’ Nabi bersabda: ‘Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi.”(Shohih. HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An-Nasa’i)
8.Membaca Alquran dan zikir sebelum khutbah jumat dimulai.
9.Sholat Sunnah Setelah Sholat Juma.
10.Membaca Surat Al Kahfi.
Nabi bersabda yang artinya, “Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat maka Allah akan  meneranginya di antara dua Jumat.” (HR. Imam Hakim )

11. Tidak Duduk dengan Memeluk Lutut Ketika Khatib Berkhotbah
“Sahl bin Mu’ad bin Anas mengatakan bahwa Rasulullah melarang Al Habwah (duduk sambil memegang lutut) pada saat sholat Jumat ketika imam sedang berkhotbah.” (Hasan. HR. Abu Dawud, Tirmidzi)

Oleh :Eva Rusdiana Dewi
Blog Sumber :
Terimakasih untuk Search Engine Google dan sumber terkait.




:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Allahu Akbar

 
;